Pages

Pendapat mu akan diriku......

Beberapa waktu yang lalu, gue minta saran dari temen-temen buat topic di blog ini. Terus, tiba-tiba datanglah saran ini :
- Review quality movie, share your thought about it.
- Recent rainy season
- Jazz goes to campus! :)
- Spiritual experience
- Women liberation
- Chinese wisdom & success story :)

Oh, seriusnya..dan serunya..! tapi 1 topic di atas tuh yang bikin mikir yah mengenai women liberation. uhmmm..someday i'll write about it yah..but not now..kayanya butuh riset dan pengalaman dulu kali yah..=) (gaya bener pake riset! padahal ini cuman blog!)

Iyah, hari ini gue kepikiran mengenai "seperti apa sih gue di mata orang laen, terutama yang baru kenal...?" Seperti apa yah??? Sebenernya ga bisa gue yang tulis, tapi berdasarkan pengalaman gue, kalo gue kenalan or baru kenalan sama temennya temen, pasti banyak bener yang nyangkanya beda...

Berdasarkan pengalaman, banyak banget yah yang nyangka gue ini :
1. Anak baik-baik yang ga tau dunia hitam.
2. Cewek cerewet centil yang suka gangguin cowok2 sebelah kamar gue (padahal sebelah gue dapur dan kamar cewek..hehehehehehe).
3. Anak yang suka banget hang-out dan rajin jalan2...
4. Cewek manja yang ga bisa naek bus, or kendaraan umum.
5. Cewek yang punya gaya hidup mahal dan borju or pokoknya ada hubungannya dengan yang mahal2 gituh deh...
6. Cewek pendiam (belum tau ajah die...)
7. de - el - el de-el-el

eniwei,kenapa gue menulis ini, karena seringkali dan banyak kali yang mikir gue salah sejak awal. Yah emang hal lumrah dan pasti sih, cuman kan yah mau gimana lagi yah, namanya juga baru kenal.Kalo langsung tau gue orangnya begini begitu, malah takut temenan gue mah...=)
Iyah, pernah neh ada temen yang ujug2 bilang kalo die mah ga suka dugem2 gituh, clubbing juga, dan ngomongnya ituh loh yang bikin kesannya gue itu anak gaul yang sering begituan (busett...Jangan mikir jorok yah!). Terus ada lagi temen yang nyangka, kalo gue ga pernah naek bis di ibukota ini, secara pas setiap gue ketemu die dan ditanya naek apa, jawabnya pasti naek taxi..(padahal alesannya simply karena gue ga tau rute bus dan biasanya waktu berangkat mepet2..), oh iyah, padahal jaman kos di bdg ampe skr juag sih, sering banget gue jadi kamusnya akutan umum, bisa2nya temen gue telp ke gue cuman tanya kalo mau ke Shangrila dari Ratu Plaza naek apa? terus neh yah (kaya pembelaan diri yah gue, gpp lah..) kalo diienget2 yah kayanya gue banyakan naek bis deh daripada naek taxi, secara pulang rumah ajah naek bis, tapi transportasi favorit gue adalah ojek (yg pernah hampir bikin gue celaka juga..) terus ada juga yang berpikir gue ini anak yang jutek dan ga gaul (ini pastinya anak gaul banget!), terus banyak juga yang mikir gue ga uptodate mengenai musik..(maroon 5 lah..ini lah itu lah), apalagi yah..oh banyak yang mikir kalo gue ini pendiam dan jutek (gile benerrr!), apalagi yah, oh banyak yang mikir gue ini ramah (ini bener yah! tapi bukan rajin menjamah yah!), yah pokoknya banyak dah...!!!!!

Intinya, busett banget yah, kita ga pernah tau orang itu sebenernya kaya apa sampe kita mengganti pendapat prejudice kita dengan kenyataan yang kita terima dengan mengenal orang tersebut. Yah gak mau muna juga yah, gue juga pernah begitu, ada kesan yang pasti ditangkep dari pertemuan dengan seseorang yang baru kita kenal, misalnya neh gue pernah mikir nih temen gue orangnya jutek (jarang senyum bo!), udah gue cengir-in dari jauh aja masih still cool mode gituh..(malesin khan!), ehh...ternyata emang begitu karena die merasa kenal gue begitu2 doank, jadi ga mau basa-basi..BUSETTTT!!! Yah tiap orang beda2 lah yah, kalo sama susah bedain antara aku dan dia....^_^

1 comments:

Neni said...

I like this topic!

kesan pertama gue pada Xtine adalah dia perempuan manis, lucu, kalem dan baik hati. ternyata dia memang kurang lebih seperti itu, tapi itu saja gak cukup utk menggambarkan "the real her".

sering kali persepsi kita thdp orang lain dipengaruhi oleh tampilan luar: pakaian yg dikenakan, gaya rambut, kendaraan yg ditumpangi, rumah yg ditempati, makanan/minuman yg dimakan/diminum, tempat2 yg didatangi, bahasa tubuh, gerak-gerik, cara bicara, perkataan, komentar, agama, dsb.

kalimat bijak “don’t judge the book by the cover” meskipun klise, tp valid banget.

manusia adalah makhluk unik & kompleks, gak cukup satu-dua-tiga kata menggambarkan karakter, sifat & perilakunya, gak cukup satu-dua-tiga kali bertemu utk mengenal pribadi orang yg sebenarnya.
gue percaya sekali pertemuan 1-2 jam dgn seseorang hanya bisa menggambarkan paling banyak 5% dari pribadi orang itu. dalam kehidupan rumah tangga pun menurut artikel2 yg pernah gue baca, setiap hari si suami/istri bisa menemukan sesuatu yg baru dlm diri pasangannya.

you’re not alone, sweet Xtine, beberapa kali gue juga mendengar penilaian miring orang tentang diri gue. ada benernya, tp jauh lebih banyak gak benernya. untungnya hampir setiap pagi gue berdoa:
...ampunilah kesalahan kami, spt kami mengampuni kesalahan orang lain...:)
kalimat sakti yg satu ini ampuh juga:
...ampunilah mereka, Tuhan, krn mereka tidak tahu apa yg mereka perbuat...
yg bisa meredam kekesalan gue & menahan gue utk gak balik berprasangka buruk thdp mereka.

To be fair, gak cuma yg negatif, penilaian positif juga kadang2 salah. Tapi biasanya kita lebih lantang menyanggah penilaian negatif orang daripada yg positif :)

gue sendiri berusaha menjauhi prasangka, dan berpikiran positif thdp orang lain. sikap ini ditularkan mantan pacar gue dulu yg amat humanis & sekaligus feminis (he is a male feminist). pacar gue yg sekarang malah berpendapat prasangka baik gue itu kadang2 naïf. tapi terbukti prasangka baik gue lebih banyak manfaatnya terhadap kesehatan emosi & jiwa gue ;)


Gue & Xtine bernaung di bawah satu zodiak yg sama: Sagitarius. Entah apa ada hubungannya dgn zodiak2an ini atau nggak (kalo Mimit percaya banget tuh), dlm beberapa hal gue melihat diri gue di dlm diri Xtine, paling nggak dgn apa yg ada di profile friendsternya & lewat obrolan sehari-hari.

sunset & sunrise = me, that’s what I describe myself in friendster, karena gue punya sisi-sisi dlm diri yg saling kontradiktif satu sama lain, just like Xtine wrote in her profile that she is an easy yet difficult at the same time, very caring and be so ignorant, sweet & bitter sour, risk taking yet a coward too: it’s sooo…. me!:)